Berita Serie A

Beragam informasi dan analisa seputar Liga Fantasia & Serie A tersaji disini.

  • Prediksi Bek Mantap di Giornata 17 Liga Fantasia

    "Tiga pemain belakang yang berpotensi mendulang poin banyak ke-17 Tirtoid Liga Fantasia Serie A, tulisan manajer Mohamed Kallon."

    1. Bastoni #Inter (harga 5.6 juta euro)
    Lawan: Cagliari (home)

    Di usia yang terbilang masih muda, Alessandro Bastoni sudah menjadi pemain vital dan menjelma sebagai tembok yang kokoh di lini pertahanan Inter. Dengan statistik defensif Bastoni berupa melakukan tekel bersih (21×), memblok tendangan (16×), memotong bola (17×), menyapu bola (38×) dan memenangi duel bola atas (29×), maka data ini menunjukkan bahwa betapa tangguhnya Bastoni dalam mengamankan gawangnya dari ancaman serangan lawan.

    Tidak hanya piawai dalam bertahan, Bastoni juga kerap kali membantu serangan timnya dengan tiba-tiba overlapping merangsek ke kotal penalti lawan atau melakukan umpan-umpan lambung/terobosan yang matang ke penyerang Inter. Agresifitas inilah yang membuat Bastoni sudah mengantongi 2 assist dari 14 prnampilannya di Serie A musim ini, termasuk umpan silang akurat nan cantiknya kepada Dumfries yang mencetak gol ketiga Inter ke gawang Roma di Giornata sebelumnya.

    Cagliari yang akan berkunjung ke markas Inter di Giornata 17 ini seharusnya bukan menjadi masalah yang berarti bagi Bastoni untuk bisa kembali menghadiahkan cleansheet kepada Inter. Hal ini dikarenakan Cagliari memiliki rekor buruk di laga tandang dimana Joao Pedro cs menjadi satu-satunya tim di Serie A musim ini yang sama sekali belum mencicipi kemenangan di kandang lawan (4 kalah, 3 imbang). Selain itu, sejarah pertemuan juga tidak banyak membantu dimana Cagliari sudah tidak pernah meraih kemenangan dari 4 lawatan terakhirnya ke Guiseppe Meazza (3 kalah, 1 imbang). Dua faktor pendukung ini seharusnya sudah menjadi modal yang cukup bagi Bastoni untuk kembali meraih cleansheet saat meladeni Cagliari nanti.

    Kesimpulan

    Melihat cukup besarnya potensi Bastoni untuk meraih cleansheet di laga ini, maka sangatlah dianjurkan untuk memasukkan pemuda Italia berusia 22 tahun tersebut ke dalam barisan pemain belakang di skuad Liga Fantasia kalian untuk Giornata 17.

    2. Biraghi #Fiorentina (harga 5.6 juta)
    Lawan: Salernitana (home)

    Mantan pemain lulusan akademi Inter Milan ini menjadi sosok yang tidak tergantikan di posisi bek kiri Fiorentina. Dari total 16 penampilannya bersama La Viola di Serie A musim ini, Sang Kapten sudah mengoleksi 2 gol yang keduanya tercipta lewat skema bola mati. Yang pertama melalui tendangan penalti saat melawan Cagliari di Giornata 9, sedangkan yang kedua terrcipta melalui tendangan bebas indahnya saat membantu Fiorentina meraih kemenangan 3-2 atas tuan rumah Bologna di Giornata sebelumnya.

    Setelah gagal membuat cleansheet di 5 pertandingan terakhir, laga melawan Salernitana di Giornata 17 menjadi momen yang pas bagi Biraghi untuk kembali menghadiahkan cleansheet kepada Fiorentina. Pasalnya, selain tidak pernah meraih kemenangan di 6 laga terakhir mereka (5 kalah, 1 imbang), Salernitana juga memiliki rekor miris saat bermain di kandang lawan dimana Simy cs sudah menelan 6 kekalahan dan kebobolan 17 gol.

    Sebaliknya, tren performa Fiorentina saat berlaga di Artemio Franchi justru sedang gacor-gacornya dengan berhasil meraih kemenangan di 4 laga kandang terakhir mereka dan mencetak 13 gol ke gawang tim tamu. Fakta-fakta ini tentu saja menjadi faktor yang menguntungkan bagi Biraghi untuk bisa kembali meraih cleansheet saat berhadapan dengan Salernitana nanti.

    Kesimpulan

    - Melihat bersarnya peluang Fiorentina untuk meraih cleansheet di laga ini, maka memasang salah satu bek La Viola menjadi langkah yang menjanjikan dan Biraghi bisa menjadi opsi yang tepat.
    - Memiliki Biraghi juga merupakan sebuah keuntungan karena dia adalah eksekutor bola-bola mati seperti sepak pojok dan tendangan bebas sehingga ada peluang untuk bisa menyumbang poin dari situasi tersebut berupa assist maupun gol.

    3. Karsdorp #ASRoma (harga 6 juta euro)
    Lawan: Spezia (home)

    Performa Rick Karsdorp bersama AS Roma memang belum secemerlang musim lalu. Terbukti dari 15 penampilannya di Serie A musim ini, pemain berpaspor Belanda tersebut baru mencatatkan 1 assist saja. Harapan Karsdorp untuk kembali ke performa terbaiknya menemui titik terang setelah dia mencetak 2 assist saat membantu Roma mengalahkan tuan rumah CSKA Sofia 3-2 di ajang Conference League.

    Melawan Spezia di Giornata 17 menjadi kesempatan emas bagi Karsdorp untuk kembali ke penampilan terbaiknya dengan memberikan cleansheet yang sudah Roma gagal lakukan di 2 laga terakhir. Ini bukan tanpa alasan mengingat Spezia merupakan tim terburuk dalam hal performa di laga tandang dengan sudah menderita 6 kekalahan dan kebobolan 25 gol, yang sekaligus menjadi rekor jumlah kebobolan terbanyak yang dialami tim Serie A di kandang lawan.

    Di sisi lain, performa Roma di kandang sendiri terbilang cukup baik dengan meraih 5 kemenangan, membuat 4 cleansheet dan 10 kali membobol gawang tim tamu. Fakta-fakta ini seharusnya sudah cukup untuk menjadi faktor pendukung yang memudahkan Karsdorp untuk kembali mempersembahkan cleansheet kepada Roma saat melawan Spezia nanti.

    Kesimpulan

    Mempertimbangkan fakta buruknya rekor tandang Spezia, maka peluang Karsdorp untuk membuat cleansheet cukup terbuka lebar di laga ini sehingga sangat layak dicoba untuk memiliki mantan pemain Feyenoord tersebut di skuad Liga Fantasia kalian untuk Giornata 17.